Jumat, 02 Juli 2010

Google Beli Ita Software 700 Juta Dolar


JUM'AT, 02 JULI 2010

Raksasa internet Google, Kamis mengumumkan, pihaknya membeli ITA Software sebuah perusahaan perangkat lunak informasi penerbangan senilai 700 juta dolar dalam bentuk tunai.

Google mengatakan pembelian perusahaan berbasis di Massachusetts itu "akan menciptakan cara baru, lebih mudah bagi pengguna untuk menemukan informasi penerbangan online yang lebih baik."

"Akuisisi ini akan menguntungkan penumpang, maskapai penerbangan dan agen perjalanan online dengan membuat lebih mudah bagi pengguna untuk membandingkan penerbangan dan tiket pesawat," kata Mountain View, perusahaan berbasis di California, sebagaimana dikutip dari AFP.

Raksasa pencari internet dan iklan menegaskan bahwa pihaknya "tidak akan mengatur harga tiket pesawat dan tidak memiliki rencana untuk menjual tiket pesawat kepada konsumen."

"Tujuan kami adalah untuk membangun sebuah alat yang mendorong lebih banyak lalu lintas untuk penerbangan dan situs biro perjalanan online di mana pelanggan dapat membeli tiket," kata Google.

ITA, yang berbasis di Cambridge, Massachusetts, spesialisasi dalam mengatur data maskapai penerbangan, termasuk waktu penerbangan, ketersediaan kursi dan harga.

Wakil presiden Google Marissa Mayer mengatakan, hampir separuh dari seluruh tiket penerbangan sekarang dijual online.

"Tapi bagi banyak orang, menemukan penerbangan tepat dengan harga yang terbaik adalah pengalaman yang membuat frustrasi," kata Mayer.

"Harga dan perubahan ketersediaan terus-menerus, dan bahkan yang sederhana jadwal dua kota melibatkan ribuan pilihan yang berbeda," katanya.

"Kami ingin membuat pencarian yang lebih mudah," kata Mayer. "Setelah kami menyelesaikan akuisisi ITA kami, kami akan bekerja membuat alat pencarian baru penerbangan yang akan membuat lebih mudah bagi Anda untuk mencari penerbangan, membandingkan penerbangan pilihan dan harga serta membuat Anda cepat ke situs di mana Anda dapat membeli tiket Anda."

"Kami yakin bahwa dengan menggabungkan keahlian ITA sebagai pengembang terkemuka perangkat lunak informasi penerbangan dengan teknologi Google, kami akan dapat menciptakan inovasi pengguna yang luar biasa dalam pencarian penerbangan," kata Mayer.

ITA didirikan pada 1996 oleh tim ilmuwan komputer dari Massachusetts Institute of Technology.

Alat organisasi data penerbangan digunakan oleh agen perjalanan online dan maskapai penerbangan termasuk Alaska Airlines, American Airlines, Continental Airlines, Southwest Airlines, United Airlines, US Airways, Virgin Atlantic Airways dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar